Pada Taman Pendidikan Al Qur’an Al Huda 008 Samarinda
oleh: Azizatul Fuad
Kemampuan
sosial dan emosional pada anak usia dini sangatlah penting untuk menjadikan
individu yang kelak mampu bermasyarakat, agar dapat diterima dengan baik pada
lingkungan masyarakat serta kemampuan mengelola emosional.
TGT (Team
Game Tournament) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang
menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5 sampai 6
orang siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku kata atau ras yang
berbeda. Dengan adanya heterogenitas anggota kelompok, diharapkan dapat
memotifasi siswa untuk saling membantu antar siswa yang berkemampuan lebih
dengan siswa yang berkemampuan kurang dalam menguasai materi pelajaran
Menurut
Slavin dalam Ibrahim, TGT (Team Game Tournament) terdiri dari 5
langkah tahapan yaitu: tahap penyajian kelas (class precentation),
belajar dalam kelompok (teams), permainan (games), pertandingan (tournament),
dan perhargaan kelompok (team recognition).
Sumber:
Ibrahim, M. & Nur, M. Pembelajaran kooperatif. Surabaya:
University Press. 2010.
“Dengarlah Suara Do’aku!”
Kelompok
|
:
|
TPA Al Huda 008
Samarinda level A
|
|||||
Komptensi Dasar
|
:
|
Mengamalkan ajaran ajaran
islam dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
Indikator
|
:
|
Menghafal do'a-do'a
|
|||||
Tema
|
:
|
Do’a-do’a harian (mendengar
dan melafal do’a-do’a harian)
|
|||||
Kegiatan
|
:
|
Menebak macam-macam do’a-do’a
harian
|
|||||
Konsep
|
:
|
Mengenal macam-macam do’a
harian
|
|||||
|
|
|
|||||
Tujuan Kegiatan
|
:
|
|
|||||
1
|
Santri
mampu mengenal empat macam suara do’a harian yang sudah direkam
|
||||||
2
|
Santri setelah perdengarkan
suara rekaman mampu melafalkan dengan benar sesuai suara yang didengarkan
|
||||||
|
|
||||||
Metode
|
:
|
|
|||||
1
|
Bermain
|
||||||
2
|
Bercakap-cakap
|
||||||
|
|
||||||
Bahan dan alat
|
:
|
|
|||||
1
|
2 HandPhone
|
||||||
2
|
2 Headset
|
||||||
|
|
||||||
Prosedur
|
:
|
|
|||||
A. Pembukaan
|
|
|
|||||
1
|
Sebelum masuk kelas
santri berbaris di halaman dan masuk kelas
bergiliran satu persatu
|
||||||
2
|
Ustadzah mengucapkan salam
dilajutkan berdo’a bersama dipimpin salah satu santri sebelum memulai
kegiatan
|
||||||
3
|
Ustadzah
memimpin untuk “Tepuk Anak Soleh” dan lagu “Santri
TPA” bersama.
|
||||||
|
|
||||||
B. Inti
|
:
|
|
|||||
1
|
Sebelum memulai kegiatan, ustadzah
mengajak santri untuk bersama – sama membaca 4
(empat) do’a harian: Do’a sebelum belajar, do’a kepada kedua orang tua, do’a
sebelum makan dan do’a sesudah makan
|
||||||
2
|
Ustadzah
memberikan suatu permainan yang berhubungan dengan suara
(lafal do’a). Permainnya yaitu menebak macam-macam lafal do’a (Do’a
sebelum belajar, do’a kepada kedua orang tua, do’a sebelum makan dan do’a
sesudah makan
|
||||||
3
|
Sebelumnya, ustadzah
menjelaskan tentang permainan dan kesepakatan yang akan dilakukan.
|
||||||
4
|
Ustadzah membagi santri menjadi dua kelompok
yang masing-masing kelompok
terdiri dari tiga anak
|
||||||
5
|
Dua kelompok yang
sudah dibagi, diminta berjajar menjadi 2 banjar.
|
||||||
6
|
Ustadzah memanggil santri yang paling
depan dari masing-masing kelompok untuk maju
dan mendengarkan rekaman do’a apa yang ia dengarkan melalui headset
|
||||||
7
|
Ketika santri yang paling depan berhasil menjawab dengan
benar, kemudian santri “TOS” dengan teman yang ada di
belakangnya dan lari kebarisan yang paling belakang
|
||||||
8
|
Begitu seterusnya sampai semua santri mendapatkan giliran
|
||||||
|
|
||||||
C. Penutup
|
:
|
|
|||||
1
|
Tanya jawab tentang kegiatan do’a harian yang
telah dilaksanakan
|
||||||
2
|
Bernyanyi bersama “senandung
Qur’an
|
||||||
3
|
Rapikan semua alat untuk
persiapan pulang
|
||||||
4
|
Berdo’a
|
||||||
5
|
Salam
|
||||||
6
|
Pulang
|
||||||
|
|
||||||
Kriteria Penilaian
|
:
|
|
|||||
Skor 4 =
|
Santri mampu mengidentifikasi empat macam
suara do’a setelah diperdengarkan melalui rekaman,
dengan benar sesuai suara yang didengarkan
|
||||||
Skor 3 =
|
Santri mampu mengidentifikasi tiga
macam suara do’a setelah diperdengarkan melalui rekaman,
dengan benar sesuai suara yang didengarkan
|
||||||
Skor 2 =
|
Santri mampu mengidentifikasi dua
macam suara do’a setelah diperdengarkan melalui
rekaman,dengan benar sesuai suara yang didengarkan
|
||||||
Slkor 1 =
|
Santri mampu mengidentifikasi satu
macam suara do’a setelah diperdengarkan melalui rekaman,
dengan benar sesuai suara yang didengarkan.
|
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar